Lima Perkara KEBAIKAN:
1. Kekayaan Jiwa
2. Menahan Diri dari Menyakiti Orang Lain
3. Mencari Rizki yg Halal
4. Taqwa & Tsiqqih pd ALLAH
5. Tak Pernah Ada Jalan utk Selamat dari Pergunjingan Orang Lain sehingga Wajib Bagimu Teguh pada Hal2 yg Bermanfaat Bagimu.
[Iman Asy-Syafi'i]

Dua PERATURAN EMAS:
1. Tak Ada yang Berlebihan (Meden Agan)
2. Kenali Dirimu Sendiri (Gnothi Seauthon)
[Delphic Oracle]

"Hidup yg tidak diuji adalah Hidup yg tak pantas dijalani"
[Socrates]

The Elder

Foto saya
aQ tak tahu bagaimana kata-kata bisa menjelaskannya,,yang aQ tahu hanya bagaimana aQ harus melakukannya.
Jadilah Temanku di FACEBOOK...:)

Memunafikkan Diri...

"...berarti iman sampeyan masih lemah mas...",,,DEG!,,,perasaan itu yg datang menghantam hati saya saat kalimat itu meluncur dari bibir manis & suara indah kekasih saya saat dia melihat saya lari dari kenyataan tanpa saya sadari...
lalu krn gengsi kata2 apa yg saya lontarkan kembali pd kekasih saya itu?
,,"PENOLAKAN & PEMBELAAN DIRI",,hmmm?,,,setelah ber-bla bla bla sekian waktu memang kekasih saya mgkn dikarenakan tak ingin di cap sbg kekasih yg tak pengertian & egois pd akhirnya mau menerima argumentasi saya,,,namun disatu sisi sebenarnya saya malu pada diri saya sendiri karena sejujurnya kalimat yg dilontarkan pada kekasih saya pd saya itu benar adanya,,,bukankah memang kebanyakan kita seperti itu?...
kita selalu saja merasa sdh benar akan suatu hal bahkan segala hal,,,dan dikarenakan menjaga image kita yg sdh terlanjur terbentuk di mata org lain kita selalu berdalih dg segenap kemampuan kita agar kesan baik kita itu tak tercoreng,,,memang pd akhirnya kita boleh sadar namun apa yg terjadi pd org2 seperti yg saya wakilkan sbg kekasih saya disini? bagaimana dg persepsi yg dia dapat dari saya saat itu? apa yg akan terjadi dari sudut pandang dia saat itu? apa saya mau bertanggung jawab andai suatu saat krn ketak jujuran saya yg saya balut dg keangkuhan itu bakal akan menyesatkan dia yg pada akhirnya akan menjadikan masalah baru di suatu saat kelak? jika kita tak mampu meluruskannya...
Kenapa saya tak berkata jujur saja jika saya sdh berbuat kekhilafan?...kenapa hanya karena trll menjaga persepsi ttg diri saya/harga diri yg sudah saya buat sendiri saya harus mengarahkan suatu hal yg sudah benar yg mungkin sdh saya perjuangkan agar bisa dimiliki oleh kekasih saya & saat sudah dimiliki oleh kekasih saya malajh saya bengkok2kan dan menjadi kembali tidak benar?...kenapa saya harus memunafikkan diri saya sendiri saat saya bisa berteriak memaki-maki org lain yg mungkin saat itu saya nilai munafik...

2 komentar:

Erianto Anas mengatakan...

Renungan yang mnenarik yg jujur apa adanya mas Elwy. Pengakuan spt inilah yang sangat mahal. Tapi sayangnya orang pun juga sulit menerima ketika kita mengakui diri apa adanya...

L'wy Setyoko mengatakan...

btw maaf saya kurang tanggap,,,ternyata mas anas sempat mampir kemari...:)

yah,,memang hal2 begini yg perlu rasanya buat saya mas,,,terkadang,,eh sering saya melihat suatu hubungan dilandasi sekedar herarkisitas semata,,tanpa mau mengerti makna saling memahami satu sama lain,,,itu sering saya liat disekeliling saya mas,,,banyak suami yg enggan menjadi panutan tapi gak mau istrinya berbuat salah,,seorg istri gak ingin mengikuti kebenaran yg disajikan suaminya tapi tak tahu harus bagaimana melangkah eh malah bikin susah,,dst dst...yah paling tidak saya mencoba mendidik diri saya...:)

Yuhuu...;)